Wednesday, October 12, 2011

Art Clokey's 90th Birthday

Art Clokey's 90th Birthday. Arthur "Art" Clokey (12 Oktober 1921 - 8 Januari 2010) adalah seorang pelopor dalam mempopulerkan animasi tanah liat gerakan berhenti, dimulai pada tahun 1955 dengan percobaan film berjudul Gumbasia, dipengaruhi oleh profesor-nya, Slavko Vorkapich, di University of California Selatan.

Dari proyek Gumbasia, Seni Clokey dan istrinya, Ruth, diciptakan Gumby. Sejak itu Gumby dan Pokey kudanya telah akrab hadir di televisi, muncul di awal beberapa seri Howdy Doody. Kemudian The Adventures of Gumby. Karakter menikmati pembaruan bunga di tahun 1980-an ketika aktor dan komedian Amerika diparodikan Gumby Eddie Murphy dalam sebuah drama komedi di Saturday Night Live. Dalam Gumby 1990: The Movie dirilis, memicu keuntungan yang berlebih.Kedua produksi Clokey yang paling terkenal adalah duo Davey dan Goliat, yang didanai oleh Gereja Lutheran di Amerika.

Arthur Charles Farrington
Arthur Charles Farrington
Biografi

Clokey lahir sebagai Arthur Charles Farrington di Detroit, Michigan. Ketika ia berusia sembilan tahun, orang tuanya bercerai dan dia tinggal bersama ayahnya, Charles Farrington. Setelah ayahnya meninggal dalam kecelakaan mobil, dia pergi untuk tinggal bersama ibunya di California, namun ayah tirinya tidak tertarik dalam meningkatkan anak orang lain, dan begitu Arthur dikirim ke panti asuhan. Ketika ia berusia 12, dia diadopsi oleh Joseph W. Clokey, seorang komposer musik klasik dan organ yang mengajar musik di Pomona College di Claremont, California. Dia disekolahkan Arthur dalam lukisan, gambar, dan pembuatan film sementara juga mengambil dia pada perjalanan ke Kanada dan Meksiko. Lingkungan estetika kemudian menjadi rumah dari karakter Clokey paling terkenal, Gumby, yang namanya berasal dari pengalaman masa kecilnya selama kunjungan musim panas ke peternakan kakeknya, ketika ia menikmati bermain dengan tanah liat dan lumpur campuran yang disebut "gumbo".

Pada Webb School di Claremont, muda Clokey berada di bawah pengaruh guru Ray Alf, yang mengambil siswa pada ekspedisi menggali fosil dan belajar tentang dunia di sekitar mereka. Clokey kemudian belajar geologi di Pomona College, sebelum meninggalkan Pomona pada tahun 1943 untuk bergabung dengan militer selama Perang Dunia II. Dia lulus dari almamaternya ayah angkatnya, Miami University, pada tahun 1948.

Seni Clokey juga membuat eksperimental dan inventif visual film animasi tanah liat beberapa singkat untuk orang dewasa, termasuk mahasiswa film Gumbasia pertamanya (1955), Mandala visual yang kaya (1977) - dijelaskan oleh Clokey sebagai metafora untuk berkembang kesadaran manusia - dan sama-sama aneh Para Merak Clay (1963), sebuah elaborasi pada logo NBC animasi dari waktu [5]. Terdiri dari bentuk tanah liat animasi Mutar ke skor jazz, Gumbasia begitu penasaran Samuel G. Engel, maka presiden Asosiasi Produsen Motion Pictures, bahwa ia dibiayai film percontohan untuk apa menjadi The Clokey itu Gumby Tampilkan (1957). Para Gumbasia Judul di penghormatan kepada Walt Disney Fantasia.

Clokey dikreditkan dengan urutan judul tanah liat animasi untuk film 1965 Dr Goldfoot pantai dan Mesin Bikini dibintangi Vincent Price dan Frankie Avalon. Anaknya, Joe Clokey, lanjut Davey kartun dan Goliat pada tahun 2004. Pada bulan Maret 2007, KQED-siaran TV selama satu jam dokumenter Gumby Dharma sebagai bagian dari seri mereka Sesungguhnya CA. Pada pertengahan 1990-an, Nickelodeon menayangkan setiap episode Gumby pukul 8 pagi dan pukul 2 siang. Hal ini berada di atas peringkat mereka selama lebih dari tiga tahun.

Seni Clokey meninggal dalam tidurnya yang terakhir (RIP) pada tanggal 8 Januari 2010, pada usia 88 tahun, di rumahnya di Los Osos, California setelah menderita infeksi kandung kemih berulang.

Art Clokey's 90th Birthday
Art Clokey's 90th Birthday

Pada hari ini, tepatnya tanggal 12 Oktober 2011 ini menjadi ulang tahunnya yang ke-90. Pihak Google memberikan  penghormatan kepada kisah kehidupannya dan atas semua karya Clokey. dan diappresiasikan dengan Google doodle interaktif dalam gaya animasi tanah liat nya.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi teman-teman semua, meskipun hasil translatenya acak-acakan, jadi mohon maaf ya :))
Bagi yang ngefans sama Hyun Bin, lihat juga artikel lainnya: Foto Hyun Bin

No comments:

Post a Comment